Tips Siapkan SBMPTN Selain Mengikuti Les Privat

Tips Siapkan SBMPTN Selain Mengikuti Les Privat

Tips Siapkan SBMPTN Selain Mengikuti Les Privat - Dengan banyaknya beban yang harus ditanggung oleh siswa tahap akhir seperti halnya belajar harian di sekolah dan tambahan pelajaran dari sekolah, tak banyak siswa kelas 3 SMA ini mengalami stress dan tertekan. Hal ini yang menyebabkan beberapa diantara mereka gagal dalam ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Pada umumnya mereka juga mengikuti les privat demi lolos dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Namun berbagai persiapan tersebut seakan sia-sia jika tanpa persiapan lain yang tak kalah penting.

Di Bandung, ada banyak perguruan tinggi yang menerapkan SBMPTN sehingga menuntut siswa mampu bersaing dengan siswa lain di seluruh Indonesia. Banyak pula penyedia les privat di Bandung yang menawarkan jasa guru untuk mendampingi siswa menghadapi ujian tersebut. Berikut ini beberapa tips agar persiapan belajar lebih efektif jelang SBMPTN, antara lain;

Kerjakan Soal SBMPTN Tahun Kemarin

Setelah puas menghafal berbagai rumus dan materi, siswa dapat membeli kumpulan soal SBMPTN yang dikumpulkan dari beberapa tahun lalu untuk digunakan sebagai materi latihan. Selain itu soal-soal yang masih hangat yang juga bisa dicari di internet ini juga dapat membantu siswa dalam menyesuaikan diri dengan sajian soal dalam ujian tersebut.

Buat Catatan Hal Penting

Saat guru di sekolah ataupun guru les privat menjelaskan suatu materi, siswa bisa membuat catatan kecil dalam versinya sendiri berisi poin penting dalam suatu jurnal khusus. Meskipun materi yang disampaikan tersebut sudah ada di buku, ternyata dengan mencatat kembali dengan tangan dapat meninggalkan memori tersendiri dari respon saraf motorik yang membuat materi tersebut lebih kuat tertanam. 

Jadwalkan Belajar

Lain dengan jadwal harian, jadwal belajar jelang SBMPTN ini berfungsi untuk membuat alokasi waktu hingga datangnya hari ujian SBMPTN. Misalnya dengan mencatat berapa lama waktu tersisa untuk persiapan dan melakukan review materi sebelumnya. Hal ini penting untuk mengetahui seperti apa persiapan yang harus dilakukan serta menentukan apa saja sih yang perlu dipelajari. Apalagi SBMPTN juga memerlukan ujian keterampilan seperti pada kuliah program studi seni dan keolahragaan.

Dengan berbagai persiapan di atas, siswa juga memerlukan pendampingan dari guru les privat yang berkompeten untuk memastikan bahwa proses belajarnya masih dalam jalur yang benar. Seorang siswa tak jarang menghadapi gangguan dan godaan yang menyebabkan motivasi belajarnya menjadi naik dan turun.
Panggil Guru Les Privat ke Rumah Sekarang
Diberdayakan oleh Blogger.